Tuesday, December 21, 2010

Cara mengetahui kapasitas flashdisk yg sesungguhnya

Terkadang kita sulit untuk membedakan antara sebuah flashdisk yg asli dan yang palsu. hal itu dikarenakan saat ini teknologi sudah semakin canggih sehingga para pembajak membuat bentuk fisik dari barang bajakan (flashdisk) sudah sangat mirip dengan bentuk aslinya bahkan lebih bagus lagi.terkadang kita dapat membedakan antara flashdisk yang palsu dengan yang asli, namun bagaimana bila kita bahkan tidak dapat membedakannya sama sekali?. tentu saja untuk membedakannya kita perlu melakukan sebuah pengujian terhadap flshdisk itu sendiri untuk dapat mengetahui apakah kapasitas yang tertera pada label sama dengan kapasitas yang ada di dalam flashdisk. kita dapat mengujinya dengan menggunakan bantuan software yang bernama h2testw.
dengan menggunakan bantuan tool ini kita dapat mengukur seberapa besar kapasitas flashdisk kita yg sebenarnya.

berikut adalahlangkah-langkah uji coba:

   1. Download file h2testw.exe disini
   2. Ekstrak file tersebut di folder yg diinginkan
   3. Buka file h2testw.exe.
   4. Pilih lokasi flashdisk yang ingin di uji (klik select target) kita asumsikan flashdisk berada di drive H: dengan nama Kingston, klik ok
   5. Usahakan agar flashdisk atau memori yang akan di uji dalam keadaan kosong, ini untuk memastikan berapa kapasitas aktual dari flasdisk itu sendiri.
   6. Pilih all available space kita asumsikan flashdisk yg akan kita uji adalah berukuran 1 GB
   7. Klik menu write + verify , centang tanda endless verify
   8. tunggu hasil report dari program, apabila hasil write and verify mencapai 90% atau lebih, maka flashdisk yg kita uji tersebut adalah memiliki ukuran yang benar (asli), namun apabila hasil dari test tersebut memiliki hasil kurang dari 90% kebawah dengan rata2 eror verify mencapai 60% maka flashdisk atau memori yg kita uji adalah palsu atau bajakan

Lama pengujian flashdisk atau memori bergantung pada besarnya kapasitas flashdisk atau memori dan kemampuan komputer yg digunakan dalam pengujian.
terima kasih, semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment