Tuesday, September 21, 2010

Real madrid di tangan mourinho

Era baru Real Madrid telah dimulai. Para punggawa Los Blancos dipastikan harus segera membiasakan diri dengan sikap perfeksionis dan disiplin arsitek anyar, Jose Mourinho.



Menilik sukses yang diraih bersama Porto, Chelsea dan Inter Milan, tidak berlebihan rasanya menyebut Mourinho sebagai jaminan sukses. Setidaknya, itulah harapan manajemen Los Galacticos saat memutuskan merekrutnya sebagai suksesor Manuel Pellegrini, akhir musim 2009/2010 lalu.



Pelatih Portugal memimpin sesi latihan pramusim pertama El Real, Jumat (16/7/2010) pagi waktu setempat. Meski bertajuk latihan pertama, Mou sama sekali tidak berniat santai.



Marca melaporkan, mantan pelatih Inter Milan dan Chelsea memulai latihan di Valdebebas pada 9.10 pagi, atau 20 menit lebih awal dari yang dijadwalkan.



Latihan diikuti delapan pemain akademi El Real serta 10 pemain utama yang tidak ambil bagian pada perhelatan Piala Dunia 2010 lalu. Setelah perkenalan singkat, Mou memulai sesi latihan pertama selama 1 jam 40 menit.



Selain berlatih dengan bola, para pemain juga melakukan berbagai aktivitas fisik yang cukup menguras tenaga. Mou pun secara cermat mengamati aksi anak-anak asuhnya satu per satu dengan menggunakan monitor jantung.



Selama ini, Mourinho dikenal sebagai pelatih yang tak kenal kompromi dan menjunjung tinggi kedisiplinan. Pelatih 47 tahun tak segan-segan mencoret seorang pemain dari skuad jika memang melanggar aturan yang diterapkan. Mou pernah melakukannya terhadap striker belia Mario Balotelli serta Adriano Leite, kala masih bersama Nerazzurri.



Kini, bersama pasukan Los Blancos, Mou tampaknya tidak akan mengubah sikapnya itu. Tidak peduli berapa banyak pemain bintang yang memperkuat skuad.



Sedikitnya, Mou punya lima aturan dasar yang wajib dipatuhi seluruh punggawa El Real. Iker Casillas dkk tidak punya pilihan lain kecuali mematuhi aturan tersebut, jika ingin mendapatkan posisi reguler di starting XI Los Galacticos.



Berikut kelima aturan The Special One sebagaimana diberitakan Marca, Sabtu (17/7/2010):



1. Tidak ada kata terlambat saat latihan



Mourinho berharap seluruh pemainnya datang tepat waktu setiap menjalani sesi latihan. Terlambat satu menit saja, jangan harap bisa mengikuti sesi latihan tim di Valdebebas. Mereka yang terlambat dipersilahkan melakoni latihan seorang diri.



2. Ketepatan waktu juga berlaku saat hendak melakoni laga



Semua pemain diharapkan sudah siap di depan hotel dan berangkat menuju tempat pertandingan sesuai jadwal yang ditetapkan. Terlambat datang? Silahkan berangkat sendiri ke stadion.



3. Latihan intens 90 menit



Mourinho mewajibkan semua anak asuhnya melakukan latihan fisik intens selama 90 menit dalam setiap sesi latihan.



4. Pemain yang cedera datang lebih awal



Jika merasa kurang fit ataupun mengalami cedera, pemain harus datang satu jam lebih awal ke Valdebebas untuk diperiksa oleh dokter tim. Nantinya, dokter lah yang akan memberitahukan Mou tentang kondisi pemain. Mou tidak akan menerima permintaan latihan ringan bagi pemain pada menit-menit terakhir.



5. Ponsel dilarang berbunyi setiap berada di bus



Memang tidak berhubungan langsung dengan performa pemain. Tapi, Mou melarang keras para pemainnya membunyikan ponsel saat berada di dalam bus. Mereka boleh menyalakan ponsel, namun harus dalam kondisi silent.

No comments:

Post a Comment